Home >> Teknologi >> 10 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Setelah Membeli laptop Baru

10 Hal Yang Wajib Anda Lakukan Setelah Membeli laptop Baru

Sebagaian orang banyak yang beranggapan bahwa laptop tidak di perlukan karena kurang portable daripada tablet dan kurang kuat dibanding pc desktop. Padahal sangat membantu, di lihat saja dari fungsi utamanya saja yaitu mengefisienkan komputer. jadi dengan kedatangannya komputer ringkas ini anda bisa membawanya kemana saja dengan tas, simple bukan?

Bagi seorang pelajar laptop sangat di butuhkan karena pelajar tidak hanya belajar di satu tempat melainkan banyak tempat seperti wifi.id kafe dan masih banyak lagi. Selain pelajar pekerja dalam ruangan un sangat membutuhkan laptop karena simple dan kinerjanya.

Dan Bagi anda yang mau membeli laptop baru agar memilih sesuai dengan kubutuhan karena laptop memiliki banyak variasai seperti laptop yang condong buat game lalu laptop buat multimedia dan notbebook untuk perkerja ringan. Jadi bagi anda yang mau membeli laptop sesuaikan dengan kebutuhan jangan sampai salah pilih. Setelah anda membeli laptop ada beberapa hal yang anda harus perhatikan, agar laptop baru anda tidak mengecewakan. karena jika anda membeli latop baru dan langsung di gunkan bisa memnyebabkan mudahnya terjadi trouble shoting pada laptop anda. jadi anda harus  melakukan beberapa hal setelah membeli laptop baru Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan setelah membeli laptop baru, di antaranya:

10 Hal Yang Harus  Diperhatikan Setelah Membeli Laptop Baru

  1. Update Sistem Operasi

    Update sistem Operasi

Ntah dimana saja anda membeli laptop baru, pastinya latop anda sangat membutuhkan yang namanya update system operasi. Dan tentunya kalian semua pasti menginginkan laptop yang baru anda beli awet dan tidak bermasalah, dengan anda update system operasi dengan rutin permasalahan-permasalahan akan menjadi lebih minimalis dan bisa di kondisikan. Silakan update system operasi anda sengan rutin.

  1. Hapus Bloatware

    Hapus Bloatware

Apakah anda sudah ahu apa itu Bloatware? Bloatware merupkan perangkat lunak (software) yang tidak di perlukan. Dalam artian lain Bloatware ini adalah aplikasi kebanyakan penggunanya tidak membutuhkan. Selain tidak terlalu di perlukan aplikasi ini memakan banyak ruang drive kita. jadi sebaiknya kita uninstall saja.  Cara yang mudah untuk uninstall software ini dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Bulk Uninstaller. Bulk Uninstaller ini akan bekerja dengan memindai seluruh aplikasi yang terinstal pada laptop kita, setelah itu anda dapat mecopot pemasangan software yang telah terinstal melalui aplikasi ini, contohnya Bloatware tersebut. Jik anda mau menghapus aplikasi yang ada di laptop anda pastikan software yang akan anda hapus benar benar tidak di butuhkan.

  1. Install Software Antivirus

    Install Anti Virus

Banyak yang beranggapan bahwa system operasi windows tidak aman dan memerlukan anti virus! itu semua tidak benar, padahal system operasi seperti Mac OS dan Linux pun membutuhkan anti virus. Bagi anda yang memiliki laptop baru sebaiknya segara di install software anti virus, jika nda tidak menginginkan virus berjalan di backround secara real-time.  Jadi segera install software anti virus, dan semua jenis anti virus itu baik dan aman tinggal andanya saja sering sering update dan scan anti virus tersebut agar bekerja secara maksimal. Namun pada windows tidak di install system anti virus tidak apa apa karena sudah ada anti virus bawaan yaitu Windows Defender.

  1. Install Software Anti Pencurian

    Install Software Anti Pencurian

Pastinya anda sangat merasakan terpukul jika laptop anda hilang karena di curi seseorang. Anda tidak  kehilangan  perangkat saja namun data yang anda miliki tentunya hilang  dan tidak mungkin akan kembali. Namun jangan khawatir karena Sekarang pada windows 10 ada fitur  terbaru yaitu built-in. built- in ini merupakan fitur kemanaan yang di sebut “find my device” dimana fitur ini dapat mendeteksi keberadaan laptop anda sekarang, jadi fitur ini dapat menemukan laptop anda jika dicuri atau hilang. Namun pada linux ataupun mac os anda tidak akan menemui fitur ini, maka kalian dapat menggunakan aplikasi grartis pray ( yang juga support pada android dan ios)

  1. Optimalkan Pengaturan Daya

    Mengoptimalkan Pengaturan Daya

Bagi anda yang sering menggunakan laptop saat bepergian, maka penggunaan masa baterai menjadi prioritas utama. Beberapa tweak sederhana bisa mengklaim penggunaan baterai  6 sampai 9 jam per charge.

Cara pertama yang dapat anda praktekan agar pengggunan baterai anda lebih hemat yaitu kurangi kecerahan display, lalu gunakanlah mode sleep atau hibernate karena pada mode ini dapat menghemat baterai anda saat bepergian. Jika anda juga sering memakai internet saat bepergian gunakanlah browser yang di lengkapi mode hemat daya agar baterai anda lebih hemat.

  1. Mengatur Backup Otomatis

    Mengatur Backup Otomatis

Bayangkan jika anda sudah 6 bulan dari sekarang pastinya akan mengalami hal ini yaitu laptop penuh dokumen, file proyek, presentasi dan ribuan data pribadi. Lalu suatu saat laptop anda mengalami crash semua data anda hilang selamanya.

Jiika anda tidak ingin hal tersebut terjadi lakukanlah backup selagi bisa. Jika anda menggunakan windows 10 sekarang sudah di lengkapi fitur backup built-in yang telha berkembang menjadi lebih baik, seperti backup and restore, recovery drive creator system restore dan banyak lagi. Jangan khawatir jika anda menggunakan linux ataupun mac os karena juga tersedia fitur untuk data.

  1. Set Up Cloud Storage Dan Sinkronisasi

    Set Up Cloud Storage Dan Sinkronisasi

Apakah anda sudah tahu apa itu cloud storage? Cloud storage merupakan media penyimpanan file pada laptop yang berhubungan langsung dengan server. Cloud storage ini bersifat semi backup, jadi anda dapat mengakses data anda di mana pun dan di laptop mana saja asalkan terhubung dengan server. Jika terjadi hal yang tidak anda inginkan pada laptop anda seperti laptop anda rusak atau laptop anda di curi, maka file anda akan tetap tersimpan dengan aman pada cloud storage. Dan layanan cloud storage yang popular dan banyak pengunanya saat ini yaitu Dropbox, Google Drive, dan One Drive. Masing masing layanan storage tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi semuanya menawarkan banyak fitur gratis. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba semua lalu memilih sesuai dengan keinginan.

  1. Meminimalisir Kerusakan Akibat Panas

    Meminimalisir Kerusakan Akibat Panas pada laptop

Tahukah anda bahwa laptop lebih mudah panas dibanding dengan PC desktop ataupun Tablet. Karena desktop dan tablet memiliki casis yang cukup besar untuk fentilasi udara, jadi tidak perlu khawatir terhadap penumpukan debu.namun pada laptop akan berbanding terbalik pasalnya laptop memiliki sirkulasi udara yang buruk dan memiliki titik titik tertentu jika di biarkan akan membuat debu menumpuk. Nah karena penumpukan debu itulah yang menebabkan laptop kita lebih panas, kelebihan panas tersebut akan berefek buruk terhadap laptop kita seperti penurunan performa cpu, baterai kehilanan kapasitas pengisian dan yang paling buruk yaitu masa pakai hardisk laptop anda berkurang. Jika anda tidak menginginkan semua hal itu terjadi gunakanlah pendingin saat mengoprasikan laptop lalu jangan menggunkan laptop pada tempat yang kotor kemudian jangan gunkan laptop di atas sofa ataupun kasur tanpa alas dan yang terakhir sering seringlah membersihkan laptop.

  1. Memulai Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

    Virtual Private Network

Virtual Private Network atau yang sering di sebut VPN merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengakripsi koneksi anda, melindungi laptop anda agar tidak disadap orang lain, memungkinkan anda bisa mengunjungi situs yang di blokir dan menyulitkan hacker saat anda berselancar di dunia maya. Tetapi apakah penggunaan Vpn selalu aman? Tentunya tidak karena aplikasi ini bersifat gratis. Jika anda menginginkan penggunaan vpn yang aman, gunakanlah VPN yang pro yaitu VPN berbayar.

  1. Pasang Aplikasi Faforit Anda

    Pasang Aplikasi

Setelah mengikuti poin-poin di atas, laptop siap digunakan dan anda dapat menginstal aplikasi aplikasi yang diperlukan. Anda perlu menggunkan aplikasi installer khusus agar bisa meginstal banyak aplikasi dengan mudah, salah satu aplikasi yang dapat anda gunkan yaitu Ninite. Cara kerja dari aplikasi installer ninite yaitu dimana aplikasi tersebut membuat file installer kustom berdasarkan pada puluhan aplikasi popular yang dapat anda pilih. Lalu insatal semua aplikasi itu dengan satu installr tunggal. Namun pastikan mempunyai mentahan aplikasi yang anda install agar anda tidak perlu mendownload jika anda menginginkan kembali aplikasi yang telah anda uninstall.

Nah itulah 10 hal yang wajib anda lakukan setelah membeli laptop baru, apakah anda sudah mempraktekan pada laptop anda?.  Semoga informasi tersebut menambah wawasan anda. Sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *